Perlambat Penuaan Dini

Gejala penuaan merupakan kondisi alamiah setiap orang, namun bagi kaum hawa ia jadi sangat menakutkan. Proses penuaan bisa disebabkan pola makan yang tidak natural, atau kadang karena paparan sinar ultra violet (UV) matahari. Kulit yang terpapar sinar matahari langsung ternyata merangsang keluarnya sel-sel melanin berlebih dari dalam kulit, sehingga menyebabkan rusaknya jaringan elastin dan kolagen pada kulit.

Bila terjadi demikian, maka kulit menjadi tidak kendor lagi. Alhasil, timbulah keriput pada kulit sebagai gejala awal penuaan dini. Nah, dengan berhijab fi sik kulit pasti terlindung dari kontaminasi signifi kan sinar UV. Kelembaban kulit lebih terjaga kestabilannya, dibandingkan hanya memakai cream pelindung kulit atau sejenisnya.

Jaga Kesehatan Rambut

Berhijab juga menjaga kesehatan tubuh, utamanya pada area kepala. Wanita yang lebih cantik saat memiliki rambut terurai panjang, tentu harus ekstra hati-hati menjaga area mahkota tersebut, agar rambut tak mudah patah atau rontok. Kondisi kesehatan rambut wanita yang berhijab tentunya sangat berbeda, berbanding dengan rambut wanita yang tidak berhijab.

Penggunaan hijab yang sesuai prosedur dapat melindungi dari radikal bebas, polusi udara dan debu kotor yang dapat merusak keindahan rambut. Menggunakan hijab bisa jadi solusi yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan rambut dari berbagai kontaminasi negatif akibat perubahan cuaca ekstrim ataupun penyakit kulit akibat ketombe.

Cegah Kanker Kulit

Kanker kulit adalah penyakit yang terbentuk akibat ketidakstabilan sel kulit yang di picu oleh beberapa hal seperti zat kimia kosmetik, radikal bebas atau paparan ultra violet (UV) sinar matahari secara terus-menerus. Dan yang perlu Anda ketahui, kulit halus wanita memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan kulit pria.

Paparan sinar UV matahari terus-menerus jelas berdampak negatif yang dapat merusak atau bahkan membunuh DNA pada sel kulit, yang kemudian merubahnya menjadi sel tumor pemicu penyakit kanker kulit. Dengan memakai hijab yang proporsional, kulit akan lebih terlindungi dari timbulnya sel kanker kulit yang membahayakan, bahkan untuk jangka waktu panjang.

Anulir Radang Kulit Luar

Radang kulit (Solar Keratoses) bagian luar merupakan kondisi kulit yang terlihat seperti bersisik dan kasar akibat paparan UV sinar matahari. Kondisi radang kulit yang serius bila dibiarkan tanpa ada penanganan lebih lanjut dapat menyebabkan munculnya sel kanker, seperti sampel di atas. Dengan hijab, kekhawatiran bagian tubuh terpapar UV dapat di cegah. Jadi, dalam asumsi sekian persen, radang kulit luar sudah bisa diantisipasi.

Kesimpulan terakhir, hijab bukan hanya sekedar anjuran syariat Islam untuk menutup aurat, namun ia juga bisa jadi opsi positif menjaga kesehatan fisik. Kaum hawa merupakan ratu mahkota dunia yang harus selalu tampil menawan

Salman Alfarisi/sidogiri