Sekilas Tentang Sidogiri Media

Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Hadratussyekh KH. A. Nawawi Abd. Djalil sejak edisi pertama berperan aktif sebagai konsultan akidah dalam rubrik “Sowan”. Dengan adanya rubrik ini, diharapkan para alumni tetap bisa “mengaji” kepada pengasuh, tanpa harus menghadiri pengajian beliau secara langsung.

Rubrik-rubrik lainnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat santri dan pesantren, seperti bahtsul masail, dunia Islam, liputan pesantren dan tokoh, juga beberapa rubrik santai seperti rubrik sastra, motivasi, dan tips islami.

Pada mulanya Sidogiri Media terbit 40 halaman setiap dua bulan sekali. Memasuki usianya yang ke-7, banyak peningkatan yang berhasil digapai. Sejak edisi ke-52 yang terbit pada bulan Rajab 1431 H Sidogiri Media terbit dengan 112 halaman full colour dengan oplah yang terus meningkat. Dengan memanfaatkan jaringan alumni, wali santri, dan simpatisan, oplah Sidogiri Media terbit di kisaran 6.000-12.000 eksemplar tiap bulan. Pasar distribusi Sidogiri Media meliputi pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, dan Bali.

Sejak edisi Rabiul Awal tahun 1433 H. Sidogiri Media berkomitmen terbit on time tiap tanggal 01 awal bulan Hijriah. Sidogiri Media memberikan jaminan uang kembali bagi para pelanggan yang menerima Sidogiri Media di atas tanggal satu.

Ngaji Jurnalisitik Sidogiri Media

Selain concern terbit setiap bulan, Sidogiri Media juga memiliki program pelatihan jurnalistik yang bekerja sama dengan pesantren-pesantren dan lembaga yang membutuhkan. Pada awalnya, pelatihan ini bertajuk Sidogiri Media Goes to Pesantren kemudian berganti menjadi Ngaji Jurnalistik Sidogiri Media. Setiap bulan setidaknya dua sampai tiga pesantren yang dilatih oleh Sidogiri Media mencakup pemahaman jurnalistik, tata acara penulisan artikel, tehnik penulisan berita investigatif, tehnik dan trik wawancara investigatif, desain dan tata letak majalah, tehnik sirkulasi dan pemasaran majalah, advertising hingga manajeman pengelolaan media pesantren. Sidogiri Media memilih beberapa redaksi dan direksi sebagai trainer.

Keredaksian

Keredaksian adalah bagian yang fokus pada produksi, seperti menulis, editing, dan lay-outting. Redaksi Sidogiri Media terdiri dari santri aktif dan alumni. Redaksi diambilkan dari mereka yang sudah dianggap mumpuni di dalam bidang tulis menulis. Hampir semua redaksi Sidogiri Media pernah menjadi redaksi di media lain di Pondok Pesantren Sidogiri.

Kedireksian

Kedireksian adalah bagian yang fokus pada proses distribusi dan pemasaran, sekaligus yang berfungsi sebagai bagian auditing keuangan dan analisa pasar. Bagian ini dipimpin oleh Ketua Perusahaan.

Spread the love