Ketika mencari cara menurunkan berat badan, banyak orang menggunakan cara mengurangi porsi makan, atau malah mengurangi jumlah waktu makan. Padahal, ada tipe orang yang memang suka atau doyan makan. Untuk orang-orang seperti ini, membatasi makanan adalah hal yang salah kaprah juga menyiksa dan menjadi sulit untuk dilakukan.

Namun ada cara efektif untuk menurunkan berat badan tanpa menyiksa diri, berikut keterangannya:

Kurangi Asupan Karbohidrat

Memang bukan rahasia umum lagi kalau sumber lemak jenuh yang paling utama adalah karbohidrat. Mengurangi asupan karbohidrat akan memberikan perubahan yang signifi kan pada berat badan. Ganti asupan karbohidrat dengan sayuran-sayuran bergizi tinggi sehingga energi kamu tidak cepat habis.

Baca Juga: Kiat-Kiat Sebelum Berolahraga

Konsumsi Pisang di Pagi Hari

Bila kamu mengonsumsi pisang di pagi hari, kamu akan lebih mudah merasa kenyang dan metabolisme pencernaan tubuh juga menjadi lebih lancar. Juga kamu juga bisa menjadikan pisang matang sebagai masker wajah untuk kulit berminyak.

Jangan Lewatkan Sarapan

Banyak orang yang salah dalam melakukan diet: bukannya mengganti menu makanan, mereka malah melewatkan sarapan pagi. Sarapan adalah santapan yang paling penting untuk menjalani hari. Bila kamu melewatkan sarapan, tubuhmu tidak mendapat energi, maka kamu pun akan merasa lebih lapar pada siang hari dan mengonsumsi makanan dua kali lebih banyak.

Minum Air Putih

Ternyata mengonsumsi air putih bukan hanya untuk menjaga cairan tubuh agar tetap baik saja, tapi lemak dalam tubuh juga bisa terbakar. Air putih tersebut dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, meski tidak melakukan aktivitas fi sik, bahkan air putih juga akan tetap bekerja disaat tubuh sedang beristirahat.

Baca Juga: Tips Sehat Bagi Pekerja Malam

Kurangi Konsumsi Gula

Gula termasuk sumber karbohidrat sederhana yang sangat mudah diubah dan disimpan menjadi lemak di dalam tubuh. Makanan-makanan seperti permen, kue, biskuit, sirup, pasta, es krim, cokelat, nasi putih dan berbagai makanan manis lainnya akan membuat tubuh gemuk apalagi jika kalori dari gula yang masuk ke tubuh tidak segera digunakan dan dibakar.

Jangan Makan di Atas Jam 7.00 Malam

Sangat mudah untuk makan berlebihan saat makan malam, terutama jika Anda lelah. Itulah sebabnya maka akan muncul penumpukan kalori di dalam tubuh. Karena Anda tidak melakukan aktivitas apapun, maka kalori pun tidak sempat terbakar. Kalori yang tidak terbakar ini akan diubah menjadi trigliserda yang kemudian meningkatkan kadar lemak dan membuat Anda terkena obesitas, serangan jantung, atau stroke.

Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat yang cukup sangatlah vital bagi kesehatan tubuh. Selain itu, bila waktu istirahat berkurang maka tubuh akan lebih cepat merasa lapar dan keinginan untuk ngemil semakin besar.

Fauzan Imron/sidogiri

Spread the love