Penyakit yang satu ini dapat dialami oleh siapa saja, terutama bagi mereka yang kurang menjaga kebersihan gigi. Penyebabnya pun sangat beragam, mulai dari gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, atau gangguan pada persendian rahang. Akan tetapi, apapun penyebabnya, ngilu yang dirasakan dari sakit gigi biasanya tidak hanya membuat susah makan dan minum, tetapi juga dapat merambat ke kepala. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan ketika mengalami sakit gigi, termasuk pengobatan dengan beberapa obat alami dan tradisional sebelum pergi ke dokter:

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah langkah pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter gigi. Berkumur membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di antara gigi. Sementara itu, garam memiliki sifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut. Cara menggunakan air garam sebagai obat sakit gigi alami sangat mudah. Cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam setidaknya dua kali sehari atau sampai sakit gigi mereda.

Mengunyah Cengkih

Tanaman jenis cengkih mudah ditemukan di mana-mana, bahkan sudah dikenal sejak lama sebagai obat sakit gigi herbal dalam pengobatan China dan India. Menurut sebuah penelitian dari Journal of Dentistry, senyawa eugenol dalam cengkih dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Cengkih juga dapat membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Penggunaan cengkih sebagai obat sakit gigi alami bermacam-macam.

Daun Jambu Biji

Ketika Anda merasa sakit gigi, tidak ada salahnya mencoba pengobatan secara alami dengan memanfaatkan daun jambu biji. Berdasarkan berbagai penelitian, daun ini dilaporkan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis. Dua penelitian berbeda, satu dari Filipina dan satu dari Kamerun, juga membuktikan bahwa daun jambu merah ampuh untuk mengobati sariawan. Cara pakainya cukup sederhana, kunyah beberapa lembar daun sampai ekstraknya keluar. Kemudian, oleskan sari-sari daun dengan lidah Anda langsung pada gigi yang sakit. Ulangi hingga rasa sakit gigi berkurang. Jika kesulitan dengan cara ini, Anda dapat merebusnya hingga mendidih, campur dengan garam, dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Mengunyah Bawang Putih

Manfaat bawang putih sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk sakit gigi. Bawang putih bekerja meredakan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Di dalamnya terdapat senyawa allicin yang berfungsi sebagai antibakteri dan antimikroba. Dengan senyawa tersebut, bawang putih dapat membunuh kuman di dalam gigi yang menyebabkan rasa sakit. Bakteri ini juga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat sakit gigi tradisional sangat mudah. Anda bisa mengunyah bawang putih mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang giginya nyut-nyutan. Jika tidak suka dengan cara ini, iris tipis bawang dan gigit irisan tersebut pada area gigi yang sakit. Anda juga bisa menghaluskannya untuk dioleskan di area gigi yang ngilu.

Dilansir dari berbagai sumber.

Spread the love