Tanaman sirsak berasal dari wilayah Amerika Tropis. Meliputi Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, yaitu sekitar Peru, Argentina, Lautan Amazon, dan Kepulauan Karibia. Pada abad ke-17, buah ini dibawa ke benua Afrika dan banyak dijumpai di taman-taman atau pekarangan rumah penduduk di wilayah Afrika Selatan.

Di Indonesia sendiri, sentra produksi sirsak berada di daerah Raja Mandala di jawa Barat, kabupaten Karang Anyar dan Rembang di Jawa Tengah, serta Malang Selatan.

KEAJAIBAN SIRSAK TUMPAS BERBAGAI PENYAKIT

Tumbuhan dengan spesies Annona Muricata L ini, selain mempunyai rasa yang lezat. Ia juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Baik dari batang, daun, buah, hingga bijinya. Berikut tips bagi Anda yang ingin mengatasi berbagai penyakit dengan memanfaatkan tumbuhan sirsak.

Kanker

Mengonsumsi sirsak secara rutin juga berkhasiat mencegah timbulnya penyakit kanker. Cara mengolahnya pun cukup mudah. Rebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, kecilkan api hingga air menguap sampai tersisa satu gelas. Setelah itu, minum air rebusan daun sirsak dua kali sehari secara rutin.

Baca Juga :TERONG SAYUR SANTRI KAYA GIZI

Selain digunakan herbal anti kanker, mengonsumsi jus sirsak minimal dua kali sehari masing-masing sebanyak satu gelas, juga dapat dibuat sebagai herbal untuk pengobatan kanker. Disamping itu, minum rebusan daun sirsak juga dianjurkan bagi penderita kanker.

Penyakit hati

Penderita penyakit hati juga sebaiknya memanfaatkan buah sirsak sebagai obat alami. Dianjurkan bagi si penderita mengonsumsi buah sirsak segar secara rutin atau minum jus buah sirsak yang ditambah dengan madu. Sebaiknya jus diminum setiap hari pada saat perut dalam keadaan kosong dan dikonsumsi dua kali sehari.

Disentri

Penyakit Disentri dapat diatasi dengan buah sirsak. Cara penggunaannya pun sangat praktis. Buah sirsak mentah dicuci bersih, kupas kulitnya, lalu buanglah seluruh bijinya. Kemudian, makan daging sirsak mentah 2-3 kali sehari.

Kutu Kepala

Keramas dengan rebusan daun sirsak efektif untuk pengobatan kutu kepala. Caranya. Rajang 30 lembar daun sirsak yang tidak terlalu muda dan tua. Lalu rebuslah dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkanlah air rebusan menguap hingga tersisa 2 gelas. Setelah itu, gunakan air rebusan untuk keramas. Biarkan menempel di rambut selama 10 menit. Lalu bilas.

Obat Nyamuk

Hasil penelitian Dr. Sugeng Juwono Purwokusudo dari Yogjakarta, menemukan bahwa daun dan biji daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat anti nyamuk. Caranya. Suling daun dan biji sirsak. Hasilnya berupa ekstrak cairan yang memiliki kadar racun 10%. Ekstrak ini dapat membunuh nyamuk aedes dan Culex dengan cara disemprotkan.

Baca Juga: TERSENYUMLAH SENYUM ITU MENYEHATKAN

Menghentikan kebiasaan merokok

Bagi perokok yang berkeinginan menghentikan kebiasaan merokoknya. Anda bisa mencoba resep alami dari buah sirsak ini. Dengan makan sirsak matang sepanjang 5 cm setiap pagi hari secara berkelanjutan, Anda secara bertahap dapat berhenti dari merokok.

Infeksi Jamur

Selain sebagai herbal anti kanker. Penelitian dari University Pordue, Indiana Amerika Serikat juga melaporkan bahwa kulit kayu sirsak memiliki khasiat sebagai antifungal(anti jamur). Beberapa studi juga telah memperlihatkan bahwa kulit kayu pohon sirsak memiliki khasiat sebagai anti jamur

Rhinitis, Sinusitis, dan Bronkhitis

Bunga sirsak dapat dijadikan obat penyakit Rhinitis(gejalanya pilek, bersinbersin disertai keluar ingus dari lubang hidung). Rhinitis dapat disebabkan oleh alergi yang disebut sebagai Rhinitis alergi, sinusitis, Bronkhitis maupun flu. Cara membuat ramuannya mudah. Rebus 30g bunga sirsak kering dengan 3 gelas air. Setelah mendidih biarkan air menguap hingga tersisa 1 ½ gelas. Saring. Lalu minum 2-3 kali sehari sebanyak ½ gelas sampai gejalanya menghilang.

Baca juga: Ragam Manfaat Buah Tin

Selain di atas, masih banyak lagi keajaiban sirsak sebagai obat penumpas penyakit. Salah satunya ialah, zat Anti Oksidan pada buah sirsak dapat mencegah kepikunan, ketulian, mempertahankan kemampuan sel otak, dan melindungi pembuluh darah kapiler dari kerusakan akibat proses oksidasi. Biji sirsak pun mengandung senyawa aktif yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan bioinsektisida (obat hama penyakit tanaman). Selamat mencoba.

M. Zainul Arifin/sidogiri

Spread the love