Bunga violet adalah spesies tumbuhan yang berasal dari Eropa, tetapi telah terkenal dan tersebar ke Amerika UtaraAustralia, dan Asia, termasuk Indonesia. Bunga violet adalah tanaman berbunga yang kecil, lebat, serta wangi. Warnanya yang cantik, berbentuk indah serta berbau harum membuat bunga ini digemari oleh pencinta tumbuh-tumbuhan.

Selain sebagai tanaman hias, bunga violet juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Kandungan alaminya telah terbukti menyehatkan tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Salah satu manfaatnya adalah membantu mengobati infeksi pada saluran pernapasan bagian atas, seperti pilek, hidung tersumbat, virus flu, dan bronkitis. Secara keseluruhan, bunga violet dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara lembut, sehingga direkomendasikan oleh sebagian ulama sebagai obat selama wabah. Imam asy-Syafii bahkan pernah menyatakan, “Aku tidak menemukan obat untuk wabah yang lebih ampuh daripada banafsaj/violet” (dikutip dari kitab al-Manhaj as-Sawi wa al-Manhali ar-Rawi fi ath-Thibbin Nawawi, karya Imam as-Suyuthi).

Selain itu, bunga violet memiliki beberapa manfaat lain, antara lain:

  1. Mengatasi Insomnia: Ekstrak bunga violet yang mengandung flavonoid dan asam lemak dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi gangguan tidur pada pasien insomnia. Pemberian bunga violet dapat dilakukan melalui hidung dan mulut.
  2. Sebagai Obat Sakit Kepala atau Migrain: Ekstrak daun dan bunga violet memberikan rasa tenang dan membantu mengatasi gelisah atau kecemasan. Asam salisilat dalam ekstrak bunga violet berperan sebagai aspirin alami, membantu mengatasi sakit kepala dan migrain.
  3. Mengatasi Gangguan pada Kulit: Ekstrak bunga violet aktif dalam meningkatkan melanin, melindungi kulit dari sinar ultraviolet, dan mencegah kerusakan kulit. Bunga ini juga mengurangi bintik hitam pada wajah serta infeksi atau radang pada kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Penyakit kulit seperti koreng dan bisul dapat dicegah dengan menggunakan bunga violet.
  4. Mengatasi Perut Kembung: Bunga violet membantu mengatasi perut kembung dan mulas dengan senyawa yang mampu mengeluarkan gas dalam perut.
  5. Menyembuhkan Demam: Khasiat bunga violet dapat digunakan untuk mengatasi gejala tubuh yang panas akibat demam, cocok untuk penggunaan pada anak-anak.

Bunga violet dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai bentuk, seperti:

  • Membuat Teh: Daun atau bunga violet dicuci bersih dan dimasak dengan air hingga mendidih. Teh ini dapat disaring dan diminum selagi hangat untuk mengatasi berbagai penyakit di atas.
  • Membuat Ekstrak: Daun atau bunga violet dicuci bersih dan direndam dengan air mendidih selama 15 menit. Air ekstrak daun dapat digunakan sebagai bumbu pada masakan, es krim, manisan buah, atau puding.
  • Membuat Sirup: Bunga violet direndam dengan air mendidih selama 24 jam, lalu disaring untuk mendapatkan air violet yang bersih. Sirup dapat dibuat dengan menambahkan gula atau madu.

Moh. Ainul Yaqin AW\Sidogiri

Spread the love